SATUAN UKURAN


Dalam cerita silat (cersil) Mandarin selalu terdapat satuan ukuran yang tidak lazim digunakan pada masa kini. Kita akan sulit membayangkan apa yang dikisahkan oleh sang pengarang bila kurang paham dengan istilah-istilah semacam itu. Hal ini tentu saja mengurangi kenikmatan kita berkhayal.

KEMBANGKAN IMAJINASI ANDA UNTUK PENGGALAN CERITA BERIKUT :

"Daging rebus dua kati dan arak wangi empat kati. Seluruhnya satu tahil empat chi, siauwya," jawab pelayan itu sinis mengimbangi kecurigaan majikannya.

Dengan rasa dongkol Sang Pendekar mengeluarkan dua tahil perak. Sekali tangannya bergerak, kepingan perak itu meluncur lalu melesak kira-kira setengah dim di tiang kayu, tepat satu kaki di atas kepala pemilik rumah makan. Tanpa bicara pemuda itu bergegas keluar. Kakinya menjejak tanah hingga tubuhnya melesat belasan tombak. Hanya dalam sepeminuman teh, Pendekar Kidal telah berdiri di kaki bukit yang jaraknya hampir tiga puluh lie di luar kota.

Logis? Mustahil?
Bila kita berpikir keras mencari kesalahan pengarang, maka yang logis akan terlihat mustahil. Ini toh hanya cerita. Kembangkan saja imajinasi, maka yang mustahil akan menjadi logis.

Berikut ini saya coba membahas (baik melalui hasil surfing di internet maupun dengan perhitungan logis) beberapa satuan ukuran yang sering terdapat dalam cerita silat Mandarin.

1.  Satuan Ukuran Berat
2.  Satuan Ukuran Panjang


0 komentar:

Post a Comment

DUNIA KANG-OUW © 2008 Template by:
SkinCorner