WEN RUI AN


Wen Rui An adalah lafal Mandarin dari Woon Swee Oan, seorang penyair dan penulis novel silat yang dilahirkan di Perak, Malaysia dengan nama Woon Liang Giok pada tahun 1954 dalam sebuah keluarga Hakka dengan keturunan dari Mei County, Propinsi Guangdong.

Pada tahun 1959, dia mulai membaca buku-buku koleksi keluarga dan menulis cerita pendeknya yang pertama. Pada tahun 1961 Woon masuk Sekolah Dasar, dan sampai Sekolah Menengah Atas aktif menulis artikel yang dimuat dalam berbagai majalah. Antara tahun 1971 dan 1972, dia belajar Psiko-analisis dan estetika, lalu bertemu dengan Fang E’zhen yang kemudian menjadi partnernya selama 16 tahun. Pada masa inilah novel silat pertamanya diterbitkan di sebuah majalah Hongkong, yaitu Wuxia Chunqiu.

Pada tahun 1973 dia mendirikan kelompok masyarakat puisi dan menerbitkan novel pertama dari rangkaian serial Si Da Ming Bu (The Four Great Constabel). Pada akhir tahun Woon pindah ke Taiwan untuk melanjutkan studinya di Universitas Nasional Taiwan.

Pada tahun 1976, setelah ditahan selama 3 bulan akibat tuduhan kegiatan komunisme, Woon lalu dikirim kembali ke Malaysia, dan akhirnya pindah ke Hongkong. Pada tahun 1981, novel silat serial Shenzhou Qixia (Pahlawan Shenzhou) hasil karyanya dimuat pada surat kabar Ming Pao.

Sejak tahun 1983, Woon mulai aktif dalam dunia televisi sebagai penulis. Beberapa buah penanya kemudian diadaptasi dan diangkat sebagai serial televisi, sementara tulisannya tetap dimuat surat kabar China Times dan United di Taiwan sebagai serial cerita silat.



DAFTAR KARYA WEN RUI AN


SERIAL KESATRIA BAJU PUTIH
1Pendekar Sejagat (Jian Shi Tian Xin)DOWNLOAD---
2Pertarungan di Kota Chang An (Chang An Yi Zhan)DOWNLOAD---
3Panji Akbar Matahari Terbenam (Luo Re Du Qi)DOWNLOAD---
4Wisma Pedang (Shi Jian Shan Zhuang)DOWNLOAD---
5Puteri Es (Xiao Xue Chit Qing)DOWNLOAD---

SERIAL EMPAT OPAS (FOUR WARRIORS)
1Pertemuan di Kota RajaDOWNLOAD---
2Misteri Lukisan TengkorakDOWNLOAD---

CERITA LEPAS / NON SERIAL
GGolok KelembutanDOWNLOAD---
JJangan Ganggu AkuDOWNLOAD---


3 comments:

  1. Replies
    1. Apa yang mas Juarto usulkan, itu juga keinginan saya.
      Alangkah pinginnya saya bisa meng-edit dan merapikan semua materi yang ada sehingga bisa saya 'share' dalam versi online.
      Tetapi apa daya, waktu saya sangat terbatas. Jadi saya harap mas Juarto bisa maklum. Sementara ini saya merapikan karya Kho Ping Hoo dulu.
      Salam.....

      Delete

DUNIA KANG-OUW © 2008 Template by:
SkinCorner