ASMARAMAN S. KHO PING HOO (CERITA SILAT INDONESIA)


Pria peranakan ini dilahirkan dengan nama Kho Ping Hoo pada tanggal 17 Agustus 1926 di Sragen, yaitu sebuah kota di kaki gunung Lawu, kira-kira 30 km di sebelah timur kota Solo. Dia berasal dari keluarga kurang mampu. Pendidikan formalnya hanya berujung pada kelas 1 Hollandsch Inlandsche School (HIS), setingkat Sekolah Dasar pada masa kini.

Kho Ping Hoo kecil amat gemar membaca. Semua buku milik ayahnya yang berisi tentang filsafat dan ajaran agama begitu meresap dalam hatinya. Hal ini menimbulkan karakter filosofis dan religius pada dirinya yang kemudian selalu diselipkan pada karya-karyanya. Sebagian besar kemampuan Kho Ping Hoo memang diperoleh dari proses belajar secara otodidak.

Sejak tahun 1952, Kho Ping Hoo sudah mulai menulis cerita-cerita pendek (cerpen) bernuansa roman percintaan yang ketika itu sedang 'booming'. Namun baru enam tahun kemudian, untuk pertama kalinya salah satu hasil karyanya dimuat dalam majalah Star Weekly. Keberhasilan itu membuat Kho Ping Hoo semakin giat menulis. Ia lalu menggunakan nama Asmaraman untuk mendampingi buah karyanya yang bersifat romantis. Tambahan nama Sukowati merujuk pada sebutan lain untuk kota Sragen.

Pedang Pusaka Naga Putih adalah judul cerita silat pertama yang dihasilkan oleh Kho Ping Hoo. Kisah ini dimuat secara bersambung dalam majalah Teratai yang ia dirikan bersama beberapa pengarang lain. Popularitas cerita ini kemudian mengubah jalan hidup Kho Ping Hoo. Ia meninggalkan pekerjaannya sebagai juru tulis dan mulai fokus menjadi penulis.

Daya imajinasi disertai bakat menulis yang luar biasa telah menobatkan Kho Ping Hoo sebagai pengarang cerita silat paling produktif di Indonesia. Selama masa kariernya sebagai penulis, dia telah merampungkan sekitar 400 judul cerita silat berlatar belakang Tiongkok dan kurang lebih 50 judul lainnya berlatar Jawa. Dengan segala kekurangannya, seorang Asmaraman Sukowati Kho Ping Hoo tetaplah legenda cerita silat Indonesia.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Kho_Ping_Hoo



DAFTAR KARYA KHO PING HOO


SERIAL PECUT SAKTI BAJRAKIRANA
1Pecut Sakti BajrakiranaDOWNLOAD---
2Seruling GadingDOWNLOAD---
3Alap-alap Laut KidulDOWNLOAD---
4Bagus SajiwoDOWNLOAD---
5Kemelut BlambanganDOWNLOAD---

SERIAL KERIS PUSAKA SANG MEGATANTRA
1Sang MegatantraDOWNLOAD---
2Nurseta Satria Karang TirtaDOWNLOAD---
3Perawan Lembah WilisDOWNLOAD---
4Badai Laut SelatanDOWNLOAD---
5Sepasang Garuda PutihDOWNLOAD---

CERITA LEPAS / NON SERIAL
AAsmara di Balik Dendam BerdarahDOWNLOAD---
BBajak Laut KertapatiDOWNLOAD---
BBanjir Darah di BorobudurDOWNLOAD---
DDyah RatnawulanDOWNLOAD---
JJaka GalingDOWNLOAD---
KKemelut di MajapahitDOWNLOAD---
KKeris MautDOWNLOAD---
KKeris Pusaka dan Kuda IblisDOWNLOAD---
KKeris Pusaka Nogo PasungDOWNLOAD---
KKidung Senja di MataramDOWNLOAD---
PPendekar Gunung LawuDOWNLOAD---
RRondo Kuning Membalas DendamDOWNLOAD---
SSatria Gunung KidulDOWNLOAD---
SSejengkal Tanah Sepercik DarahDOWNLOAD---


DUNIA KANG-OUW © 2008 Template by:
SkinCorner